Laman

Senin, 19 November 2012

Beberapa Dalil Al-Qur'an


Kumpulan Dalil dalam Al-Qur’an
Larangan mengikut yahudi dan nasrani.
ولن ترضى عنك اليهود ولا النصرى حتى تتبع ملتهم,قل ان هدى الله هوا الهدى ولئن اتبعت اهواءهم بعد الذى جاءك من العلم ما لك من الله من ولي ولا نصير (البقرة,120)
Artinya: “orang-orang yahudi tidak akan senang pada kamu hingga kamu mengikuti agama mereka. Katakanlah,”sesungguhnya petunjuk Allah itulah petunjuk yang benar”, dan sesungguhnya jika kamu mengikuti kemauan mereka setelah pengetahuan datang kepadamu,maka Allah tidak lagi menjadi pelindung dan penolong bagimu”.  (al-baqarah ,120).
Yahudi dan nasrani mengenal Muhammad tapi berpura-pura.
الذين ءاتينهم الكتب يعرفونه كما يعرفون ابناءهم, وان فريقا منهم ليكتمون الحق وهم يعلمون (البقرة 146) الحق من ربك فلا تكونن من الممترين (البقرة,147)
Artinya : “orang-orang yahudi dan nasrani yang telah kami berikan kitab (taurat dan injil) mengenal Muhammad seperti mereka mengenal anak-anak mereka, dan sesungguhnya sebahagian dari mereka menyembunyikan kebenaran,padahal mereka mengetahui”. Kebenaran itu datang dari Tuhanmu,sebab itu jangan sekali-kali kamu termasuk orang-orang yang ragu”. (al-baqarah, 146-147)
Tiap ummat berkiblat dan semua akan menghadap Allah.
ولكل وجهة هو موليها,فاستبقوا الخيرات,اين ما تكونوا ياءت بكم الله جميعا, ان الله على كل شيئ قدير (البقرة,148)
Artinya : “Dan bagi tiap ummat ada kiblatnya, maka berlombalah kamu dalam kebaikan. Dimana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat), sesungguhnya Allah maha kuasa atas segala sesuatu”. (Al-Baqarah.148).
Kebanyakan yahudi dan nasrani adalah kufur.
ولو انهم اقاموا التورة والانجيل وما انزل اليهم من ربهم لاكلوا من فوقهم ومن تحت ارجلهم, منهم امة مقتصدة,وكثير منهم ساء ما يعملون (المائدة.66)
Artinya : “dan sekiranya mereka bersungguh-sungguh menjalankan hukum Taurat, Injil, dan Al-Qur’an yang diturunkan kepada mereka dari Tuhanya,niscaya mereka akan mendapat makanan dari atas mereka dan dari bawah kaki mereka. Diantara mereka ada golongan yang pertengahan . dan alangkah buruknya apa yang dikerjakan oleh kebanyakan mereka”, (Al-Maidah.66).
ليسوا سواء,من اهل الكتب امة قائمة يتلون ايات الله اناء اليل وهم يسجدون (ال عمران.113)
Artinya : “ tidak sama,sebagian dari Ahli kitab (yahudi dan nasrani) ada ummat yang kansisten,mereka mambaca Ayat-ayat Allah: “mereka di tengah malam dan mereka bersujud kepadanya”.(Ali ‘imran.113).
يؤمنون بالله واليوم الاخر وياءمرون بالمعروف وينهون عن المنكر ويسارعون فى الخيرات واولئك من الصا لحين (ال عمران.114)
Artinya : “mereka beriman kapada Allah dan Hari Akhirat dan mereka menyeru kapada perbuatan baik dan mencegah perbuatan munkar dan mereka bersegera dalam kebaikan,mereka itulah termasuk orang-orang  shalih”. (Ali ‘imran.114)
Boleh mengqashar shalat jika khawatir fitnah kaum kafir.
واذا ضربتم فى الارض فليس عليكم جناح ان تقصروا من الصلاة ان خفتم ان يفتنكم الذين كفروا,ان الكفرين كانوا لكم عدوا مبينا (النساء.101)
Artinya : “ Dan apabila kamu dalam keadaan bepergian dimuka bumi maka tidaklah mengapa kamu mengqashar shalatmu jika kamu khawatir di serang orang-orang kafir. Sesungghuhnya orang-orang kafir itu musuh yang nyata bagimu “. (An-Nisa’. 101)
Manusia berdosa karna perbuatanya sendiri. Sesungguhnya Allah maha pengampun.
ومن يكسب اثما فانما يكسبه على نفسه.وكان الله عليما حكيما (النساء.111)
Artinya : “Dan barang siapa yang berbuat kejahatan atau menzhalimi dirisendiri lalu ia mohon ampun kepada Allah niscaya ia mendapati Allah maha pengampun lagi maha penyayang”. (An-Nisa’. 110)
“Barangsiapa berbuat dosa maka sesungguhnya ia berbuat dosa untuk dirisendiri. Dan Allah maha mengetahui lagi maha bijaksana” (An-Nisa’.111)
Tiap orang memikul dosanya sendiri.
ولا تزر وازرة وزر اخرى. وان تدع مثقلة الى حملها لا يحمل منه شيئ ولو كان ذا قربى, انما تنذر الذين يخشون ربهم بالغيب واقاموا الصلوة, ومن تزكى فانما يتزكى لنفسه, والى الله المصير (فاطر.18)
Artinya : “Dan orang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain,dan jika orang yang berat dosanya memanggil orang lain agar memikulkan dosanya,tiada sedikitpun  dosa ia yang dapat dipikulkan walau ia adalah kaum kerabat, sesungguhnya  kamu dapat memberi  peringatan hanya kepada orang-orang yang takut pada azab tuhanya meski ia tidak dapat melihatnya dan ia mendirikan shalat, dan barangsiapa yang membersihkan diri maka sesungguhnya ia membersihkan untuk dirinya,dan kepada Allah kembali” (Fathir.18)
الاتزر  وازرة وزر اخرى (النجم.38) وان ليس للانسان الا ما سعى (النجم.39) وان سعيه سوف يرى (النجم.40) ثم يجزىه الجزاء الاوفى (النجم.41)
Artinya : “ Yaitu orang yang berdosa tidak memikul dosa orang lain”. “Dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang diusahakan”. “Dan bahwasanya apa yang diusahakan kelak akan diperlihatkan”. “kemudian akan diberi balasan kepadanya balasan yang paling sempurna”. (An-Najm. 38-41)
Tidak sama orang hidup dengan orang mati,dan kamu tiada bisa memberi dengar  orang yang berada dikubur.
وما يستوى الاحياء ولا الاموات, ان الله يسمع من يشاء, وما انت بمسمع من فى القبور (فاطر.22)
ان انت الا نذير (فاطر.23)
Artinya : “ Dan tidak sama orang-orang hidup dan orang-orang mati,sesungguhnya Allah memberi pendengaran kepada orang yang ia kehendaki, dan tiada kamu dapat memberi pendengaran kepada orang yang ada dalam kubur”. “Kamu tiada lain hanyalah pemberi peringatan”. (Fathir, 22-23)
Enggan hukum Allah dan berkata “Neraka masih jauh”.
الم تر الى الذين اوتوا نصيبا من الكتب يدعون الى كتب الله ليحكم بينهم ثم يتولى فريق منهم وهم معرضون (ال عمران.23)
ذلك بانهم قالوا لن تمسنا النار الا اياما معدودات, وغرهم فى دينهم ما كانوا يفترون (العمران.24)
Artinya : “Tidakkah kamu perhatikan,orang-orang yang diberikan bagian dari Al-Kitab, mereka diseru  kepada kitab Allah agar dijadikan hukuman diantara mereka,kemudian sebagian mereka berpaling,dan mereka selalu berpaling dari kebenaran”. “Yang demikian disebabkan mereka berkata,”neraka tidak menyentuh kami kecuali pada hari yang dapat dihitung (hari yang jauh)” mereka diperdayakan dalam masalah Agama mereka oleh apa-apa yang mereka ada-adakan. (Ali ‘Imran. 23-24)
Amanat untuk pemerintah.
ان الله يامركم ان تؤدوا الامنت الى اهلها واذا حكمتم بين الناس ان تحكموا بالعدل,ان الله نعما يعظكم به, ان الله كان سميعا بصيرا (النساء.58)
Artinya : “ Sesungguhnya Allah suruh kalian memberikan amanat kepada ahlinya,dan apabila kalian menghukum diantara manusia hendaklah kalian terapkan hukum/kebijakan yang adil. Sesungguhnya Allah sebaik pemberi pengajaran kepada kalian,sesungguhnya Allah maha mendengar lagi maha melihat (An-Nisa’. 58)
Taati Allah,Rasul dan pemerintah,jika ada perbedaan kembalikan kepada Allah dan Rasulnya.
  يا ايها الذين امنوا اطيعوا الله واطيعوا الرسول و اولى الامر منكم, فان تنازعتم فى شيئ فردوه الى الله والرسول ان كنتم تؤمنون بالله واليوم الاخر, ذلك خير واحسن تا ويلا ( النساء.59)
Artinya : “Hai orang-orang beriman ! taatilah Allah dan taatilah Rasul dan Ulil amri diantara kalian,lalu jika kalian berselisih faham dalam suatu hal maka kembalikanlah hal itu kepada Allah dan Rasul jika kalian beriman kepada Allah dan hari akhir, yang demikian itu baik dan sebaik-baik akibatnya”. (An-Nisa’.59)
Ta’at Rasul adalah cinta pada Allah.
قل ان كنتم تحبّون الله فا تبعونى يحببكم الله ويغفر لكم ذنوبكم والله غفور رحيم (ال عمران.31)
قل اطيعوا الله والرسول فإن تولّوا فإن الله لا يحب الكفرين (ال عمران.32)
Artinya : “ Katakanlah, Jika kalian cintai Allah maka ikutilah aku, maka Allah akan mencintai kalian dan Allah akan mema’afkan dosa-dosa kalian. Dan Allah adalah maha pengampun lagi maha penyayang “. “ Katakanlah, Ta’atilah Allah dan Rasul,jika kalian berpaling maka sesungguhnya Allah tidak mencintai orang-orang kafir “. (Ali ‘Imran. 31-32)
Keni’matan untuk hamba yang Ta’at hukum Allah dan Sunnah Rasul.
ومن يطع الله والرسول فاولئك مع الذين انعم الله عليهم من النبيين  والصديقين والشهداء والصلحين,وحسن اولئك رفيقا (النساء.69)
ذلك الفضل من الله , وكفى بالله عليما (النساء. 70)
Artinya : “Dan siapa yang taat Allah dan Rasul maka mereka akan bersama orang-orang yang Allah berikan keni’matan atas mereka,yaitu daripada para Nabi,para pemercaya,para syahid dan para pelaku shalih,dan mereka adalah teman sebaik-baiknya”. “Itulah karunia dari Allah,dan Allah cukup mengetahui”. (An-Nisa’. 69-70)
Hukum Allah lebih baik daripada demokrasi secular.
افحكم الجهليّة يبغون,ومن احسن من الله حكما لقوم يوقنون (المائدة.50)
Artinya : “Apakah hukum jahiliyah yang mereka mau,dan hukum siapakah yang lebih baik dari hukum Allah,bagi orang-orang yang beriman ?”. (Al-Maidah.50)
Yang memilih pemimpin yahudi/nasrani adalah zhalim.
يا أيهاالذين امنوا لاتتخذوا اليهود والنصرى اولياء, بعضهم اولياء بعض, ومن يتولهم منكم فإنّه منهم, إنّ الله لايهدى القوم الظالمين (المائدة.51)
Artinya : “Hai orang-orang yang beriman,janganlah kalian mengambil kaum yahudi dan nasrani menjadi pemimpin,sebagian dari mereka adalah pemimpin bagi sebagian mereka yang lainya, dan siapa dari kalian yang mengambil mereka sebagai pemimpin maka dia masuk bagian mereka. Sesungguhnya Allah tidak member petunjuk kepada orang-orang zhalim”. (Al-Maidah,51)
Perbedaan mujahid dan yang tidak berjihad karna udzur dan yang tidak mau berjihad.
لايستوى القعدون من المؤمنين غير اولى الضرر والمجهد ون فى سبيل الله باموالهم وانفسهم فضل الله المجهدين باموالهم وانفسهم على القعدين درجة,وكلا وعد الله الحسنى, وفضل الله المجهدين على القعدين اجرا عظيما (النساء. 95)
Artinya : “ Tidak sama orang-orang mu’min yang duduk-duduk tanpa dharurat,dan mu’min yang berjihad dijalan Allah dengan harta dan diri mereka,Allah lebihkan mujahidin dengan harta dan diri mereka diatas mu’min yang duduk-duduk,satu darajat,kepada masing-masing mereka Allah telah janjikan kebaikan,dan Allah lebihkan pada mujahidin atas orang-orang yang duduk (malas berjihad) dengan pahala yang besar”. (An-Nisa’. 95)
Jangan sangka mujahid yang gugur itu mati. Tolaklah kematian jika kamu bisa…
الذين قالوا لاخوانهم وقعدوا لو اطاعونا ما قتلوا,قل فادرءوا عن انفسكم الموت ان كنتم صدقين (ال عمران.168)
ولا تحسبن الذين قتلوا فى سبيل الله امواتا, بل احياء عند ربهم يرزقون (ال عمران.169)
Artinya : “Orang-orang yang berucap pada saudara-saudaranya dan mereka berduduk-duduk, “jika kalian mengikuti kami maka kalian tidak akan terbunuh”. Katakanlah ! “tolaklah kematian dari diri kalian jika kalian orang-orang yang dapat dipercaya”. “Dan janganlah kamu menyangka kalau orang-orang yang gugur dijalan Allah itu mati,tapi mereka dapat kehidupan disisi tuhan mereka dengan diberikan rizqi”. (Ali ‘Imran. 168-169)
Perang itu kewajiban yang dibenci manusia.
كتب عليكم القتال وهو كره لكم, وعسى ان تكرهوا شيئا وهو خير لكم, وعسى ان تحبّوا شيئا وهو شرّ لكم, والله يعلم وانتم لا تعلمون (البقرة.216)
Artinya : “ Diwajibkan perang atas kalian,padahal perang itu kalian benci, boleh jadi kalian benci sesuatu padahal ia baik bagimu,dan bisa jadi kalian senang sesuatu padahal ia buruk bagimu. Dan Allah mengetahui dan kalian tidak mengetahui “. (Al-Baqarah. 216)
Jahannam bagi penentang Rasul setelah jelas datang hidayah (islam).
ومن يشا قق الرسول من بعد ما تبين له الهدى ويتبع غير سبيل المؤمنين نوله ما تولى ونصله جهنم, وساءت مصيرا (النساء. 115)
Artinya : “Dan siapa yang menentang Rasul setelah datang kepadanya hidayah (islam) dan mengikuti selain jalan orang mu’min,kami biarkan ia leluasa terhadap kesesatan yang telah dikuasainya dan kami masukkan ia kedalam neraka jahannam seburuk tempat kembali” (An-Nisa’. 115)
Hendaklah berAmar ma’ruf dan Nahi munkar.                                                                                                                                         Jangan pula berpecah dan berikhtilaf setelah datang keterangan kepadamu.
ولتكن منكم امة يدعون الى الخير ويا مرون بالمعروف وينهون عن المنكر, واولئك هم المفلحون (ال عمران.104)
ولا تكونوا كا لذين تفرقوا واختلفوا من بعد ما جاء هم البينت, واولئك لهم عذاب عظيم (ال عمران.105)
Artinya : “ Dan hendaklah ada ummat diantara kalian yang berseru kepada kebaikan ,menyuruh kepada yang ma’ruf dan  mencegah yang munkar,merekalah orang-orang yang beruntung”. “ Dan janganlah kalian seperti orang-orang yang berpecah dan bertentangan setelah datang keterangan kepada mereka, mereka itulah yang mendapatkan siksa yang besar”. (Ali ‘Imran. 104-105)
Berpegang pada Tali Allah dan Tali hubungan kemanusiaan.
ضربت عليهم الذلة اين ما ثقفوا ا لا بحبل من الله وحبل من الناس وباءوا بغضب من الله وضربت عليهم المسكنة, ذلك بانهم كانوا يكفرون بئايت الله ويقتلون الا نبياء بغير حق,ذلك بما عصوا وكانوا يعتدون (ال عمران.112)
Artinya : “Di timpakan kehinaan atas mereka dimanapun mereka berada,kecuali jika mereka berpegang pada tali agama Allah dan tali hubungan kemanusiaan ,dan mereka kembali mendapat kemurkaan dari Allah dan mereka diliputi kerendahan. Yang demikian itu karena mereka kafir terhadap Ayat-ayat Allah dan membunuh para Nabi tanpa kebenaran. Yang demikian itu disebabkan mereka durhaka dan melampaui batas”. (Ali ‘Imran. 112)
Berikan harta anak yatim jika ia sudah baligh dan pintar                                                                                                                       boleh si faqir memakan harta yatim  dengan baik dan patut.              
      وابتلوا اليتمى حتى اذا بلغوا النكاح فان ءانستم منهم رشدا فا دفعوا اليهم اموالهم ولا تا كلوها اسرافا وبداراان يكبروا, ومن كان غنيا فليستعفف, ومن كان فقيرا فلياكل بالمعروف,فاذا دفعتم اليهم اموالهم فاشهدوا عليهم, وكفى بالله حسيبا (النساء.06)
Artinya : “Dan ujilah anak-anak yatim hingga sampai menikah,kemudian jika menurut pandapatmu,mereka telah cerdas maka berikanlah harta mereka dan janganlah kalian memakanya secara berlebihan dan tergesa-gesa sebelum mereka dewasa, dan siapa pemelihara harta yatim itu kaya/berkecukupan maka berbuatlah sopan,dan siapa pemelihara harta yatim itu faqir maka memakanlah harta yatim itu sepatutnya. Lalu jika kalian menyerahkan harta yatim kepadanya maka persaksikanlah bagi mereka,dan cukuplah Allah sebagai saksi”. (An-Nisa’. 06)
ان الذين ياكلون اموال اليتمى ظلما انما يا كلون فى بطونهم نارا, وسيصلون سعيرا (النساء.10)
Artinya : “ Sesungguhnya orang-orang yang memakan harta yatim dengan kezhaliman sesungguhnya mereka memakan api dalam perutnya, dan mereka akan  masuk kedalam api yang menyala-nyala (neraka)” (An-Nisa’. 10)
Anjuran taubat,dan taubat yang diterima dan yang tidak diterima.
انما التوبة على الله للذين يعملون السوء بجهلة ثم يتوبون من قريب,فؤلئك يتوب الله عليهم, وكان الله عليما حكيما (النساء.17)
وليست التوبة للذين يعملون السيئات حتى اذا حضر احد هم الموت قال انى تبت الان ولا الذين يموتون وهم كفار,او لئك اعتدنالهم عذابا اليما (النساء.18)
Artinya : “ Sesungguhnya taubat disisi Allah hanyalah bagi orang-orang yang berbuat kejahatn lantaran kebodohan kemudian mereka taubat dengan segera,maka mereka itulah yang diterima taubatnya oleh Allah, dan Allah itu maha mengetahui lagi maha bijak”. “Dan tiada taubat bagi orang-orang yang berbuat kejahatan sehingga apabila kematian datang kepada salah seorang dari mereka,mereka berkata “aku taubat sekarang”,dan tiada pula taubat bagi orang-orang yang mati dalam kekafiran. Bagi orang-orang itu telah kami sediakan siksa yang menyakitkan”. (An-Nisa’. 17-18)
Allah mema’afkan dosa selain syirik dan tidak memaafkan dosa syirik.
ان الله لا يغفر ان يشرك به ويغفر ما دون ذلك لمن يشاء, ومن يشرك با لله فقد ضل ضلا لا بعيدا (النساء.116)
Artinya : “ Sesungguhnya Allah tidak mema’afkan dosa mempersekutukan sesuatu dengan dia dan mema’afkan dosa yang selain syirik bagi orang yang dikehendaki.siapa yang mempersekutukan sesuatu dengan Allah maka ia telah tersesat jauh”. (An-Nisa’.116)
Andai Allah turunkan malaikat dan mayit-mayit berbicara pada mereka,                                                                                     tetap saja mereka tidak beriman.
ولو اننا نزلنا اليهم الملا ئكة وكلمهم الموتى وحشرنا عليهم كل شيئ قبلا ما كا نوا ليؤ منوا الا ان يشاء الله ولكن اكثرهم يجهلون (الانعام.111)
Artinya : “Kalau sekiranya kami turunkan malaikat dan para mayyit berbicara dengan mereka dan kami kumpulkan  segala sesuatu dihadapan mereka,niscaya mereka juga tidak akan segera beriman,kecuali jika Allah menghendakinya. Akan tetapikebanyakan dari mereka tidak mengetahui”. (Al-An’am. 111)
Timbangan ‘amal itu nyata.
والوزن يومئذ الحق, فمن ثقلت موازينه فاولئك هم المفلحون (الاعراف.08)
ومن خفت موازينه فاولئك الذين خسروا انفسهم بما كا نوا بئا يتنا يظلمون (الاعراف.09)
Artinya : “ Dan timbangan ‘amal pada hari tiu adalah kebenaran,maka siapa berat timbangan ‘amal baiknya maka merekalah orang-orang beruntung”. “Dan siapa yang ringan timbangan kebaikanya maka mereka itulah yang membuat rugi pada dirisendiri disebabkan mereka berbuat zhalim pada ayat-ayat kami”. (Al-A’raf. 08-09)
Bumi tempat sumber kehidupan tapi sedikit orang yang bersyukur.
ولقد مكناكم فى الارض وجعلنا لكم فيها معا يش, قليلا ما تشكرون (الاعراف. 10)
Artinya : “ Dan kami tempatkan kalian dimuka bumi dan kami jadikan untuk kalian sumber kehidupan disana,sangat sedikit kalian yang bersyukur”. (Al-A’raf. 10)
Berdzikir dengan rendah hati dan pelankan suara,dan tidak pamer.
واذكر ربك فى نفسك تضرعا وخيفة ودون الجهر من القول بالغدو والأصال ولا تكن من الغافلين (الأعراف.205)
Artinya : “ Dan sebutlah nama tuhanmu dalam hatimu dengan rendah dan tidak mengeraskan suara,di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai “. (Al-A’raf. 205)
قل ادعوا الله اوادعوا الرحمن, ايا ما تدعوا فله الأسماء الحسنى, ولا تجهر بصلوتك ولا تخافت بها وابتغ بين ذ لك سبيلا (الأسراء. 110)
Artinya : “ Katakanlah,Serulah Allah atau serulah Ar-Rahman, dengan nama yang mana saja yang kamu seru dia mempunyai nama-nama yang baik,dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam shalat/do’amu dan jangan pula terlalu merendahkanya dan carilah jalan tengah diantara keduanya “. (Al-Isra’. 110)
Terus berda’wah dan jangan paksa orang untuk iman.serahkan ia kepada Allah.
ولو شاء ربك لأمن من فى الأرض كلهم جميعا, افاَنت تكره اللنّاس حتى يكونوا مؤمنين (يونوس.99)
Artinya : “ Dan jika tuhanmu mau tentu akan beriman semua orang yang ada dimuka bumi,maka apakah kamu akan paksa manusia sehingga mereka sampai beriman ? “. (Yunus. 99)
وما كان لنفس ان تؤمن الا بإذن الله, ويجعل الرجس على الذين لا يعقلون (يونوس.100)
Artinya : “ Dan tidak ada seorangpun yang akan beriman kecuali dengan idzin Allah, dan Allah menimpakan kemurkaan kepada orang-orang yang tidak mempergunakan akalnya “. (Yunus. 100)
Orang-orang yang diberi Nafaqah.
يسئلونك ما ذا ينفقون,قل ما انفقتم من خير فللوا لدين والأقربين واليتمى والمساكين وابن السبيل, وما تفعلوا من خيرفإن الله به عليم (البقرة. 215)
Artinya : “ mereka bertanya padamu tentang apa yang mereka nafaqahkan.jawablah,apa saja harta yang kamu nafaqahkan hendaklah untuk kedua orang tuamu ,kaum kerabat,anak-anak yatim,orang-orang miskin dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan”. Dan apa saja kebaikan yang kamu buat,maka sesungguhnya Allah Maha mengetahuinya “. (Al-Baqarah, 215)
Orang-orang yang diberi shadaqah (Zakat).
انما الصدقت للفقراء والمساكين والعاملين عليها والمؤلفة قلوبهم وفى الرقاب والغارمين وفى سبيل الله وابن السبيل, فريضة من الله, والله عليم حكيم (التوبة. 60)
Artinya : “ Sesungguhnya shadaqah-shadaqat itu hanya untuk orang-orang faqir,para miskin,para ‘amil,para muallaf yang di manja hatinya,para hamba sahaya,para penghutang,untuk jihad dijalan Allah,dan musafir.sebagai kewajiban dari Allah. Dan Allah adalah maha mengetahui lagi maha bijaksana “. (At-Taubah. 60)
Tujuh langit dan tujuh bumi.
الله الذى خلق سبع سموات ومن الأرض مثلهنّ يتنزّل الأمر بينهنّ لتعلموا انّ الله على كل شيئ قدير وان الله قد احاط بكل شيئ علما (الطلاق.12)
Artinya : “ Allah yang menciptakan tujuh langit dan seperti itu pula bumi. Perintah Allah berlaku padanya,agar kamu mengetahui bahwa Allah maha kuasa atas segala sesuatu dan sesungguhnya Allah ilmunya benar-benar meliputi segala sesuatu “. (At-Thalaq.12)
Menjulurkan jilbab.
ياأيها النبى قل لأزواجك وبناتك ونساء المؤمنين يدنين عليهن من جلبيبهنّ, ذلك ادنى ان يعرفن فلا يؤذين, وكان الله عفورا رحيما (الأحزاب.59)
Artinya : “ Hai Nabi katakanlah kepada isteri-isterimu,anak-anak perempuanmu,dan isteri-isteri orang-orang mu’min,hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya,yang demikian itu lebih mudah untuk dikenal maka mereka tidak akan disakiti/diganggu. Dan Allah adalah maha mengampuni lagi maha penyayang “. (Al-Ahzab.59)
Wanita tua boleh menanggalkan baju luar tanpa niat tabarruj (pamer perhiasan).
والقواعد من النساء التى لا يرجون نكاحا فليس عليهن جناح ان يضعن ثيابهن غير متبرجات بزينة,وان يستعففن خير لهن, والله سميع عليم (النور.60)
Artinya : “ Dan perempuan-perempuan tua yang telah terhenti dari haid dan tidak dapat hamil lagi/yang tidak ingin kawin lagi,maka tiada dosa atas mereka menanggalkan pakaianya tanpa niat pamer perhiasan,dan berbuat sopan itu lebih baik bagi mereka. Dan Allah maha mendengar lagi maha mengetahui “. (An-Nuur.60)
Hendaklah budak dan anak-anak minta izin ketika mau masuk rumah/kamar pada tiga waktu.
ياأيها الذين امنوا ليستأ ذنكم الذين ملكت ايمانكم والذين لم يبلغ الحلم منكم ثلث مرّات,من قبل صلوة الفجر وحين تضعون ثيابكم من الظهيرة ومن بعد صلوة العشاء,ثلث عوراة لكم, ليس عليكم ولاعليهم جناح بعدهنّ,طوّافون عليكم بعضكم على بعض,كذالك يبين الله لكم الأيت,والله عليم حكيم (النور. 58)
Artinya : “ Hai orang-orang yang beriman, hendaklah budak-budak yang kamu miliki  dan orang-orang yang belum baligh diantaramu meminta izin kepadamu  tiga kali dalam sehari,yaitu  sebelum shalat fajar (subuh),dan pada waktu kamu melepaskan pakaianmu ditengah hari dan setelah shalat isya’. Itulah tiga aurat bagi kamu,tidak ada dosa atasmu dan atas mereka selain tiga waktu itu,mereka melayanimu,sebagian kamu ada keperluan pada sebagian yang lain. Demikian Allah menjelaskan ayat-ayatnya kepadamu,dan Allah maha tahu lagi maha bijak “. ( An-Nuur.58)
Sami’na wa Atha’na adalah ucapan mu’min yang dihukumi Allah.
انما كان قول المؤمنين اذا دعوا الى الله ورسوله ليحكم بينهم ان يقولوا سمعنا واطعنا,واولئك هم المفلحون (النور.51)
Artinya : “ Sesungguhnya ucapan orang-orang mu’min apabila diseru  menuju kepada Allah dan Rasulnya agar Rasul menghukumi diantara mereka,ialah ucapan “kami dengar dan kami patuh” dan mereka ialah orang-orang beruntung “. (An-Nuur.51)
Andai air laut tinta.
قل لو كان البحر مدادا لكلمت ربى لنفد البحر قبل ان تنفد كلمت ربى ولو جئنا بمثله مددا (الكهف.109)
Artinya : “ Katakanlah, kalau sekiranya lautan menjadi tinta  untuk menulis kalimat-kalimat tuhanku niscaya air laut itu habis sebelum kalimat-kalimat tuhanku habis walaupun kami datangkan sebanyak itu pula “. (Al-Kahfi.109)
Siapa mau bertemu tuhan maka jangan pernah bersyirik dan beramalah shalih.
قل انما انا بشر مثلكم يوحىَ الىّ انما الهكم اله واحد,فمن كان يرجوا لقاء ربه فليعمل عملا صالحا ولا يشرك بعبادةربه احدا (الكهف.110)
Artinya : “ Katakanlah, Sesungguhnya saya hanyalah manusia sepertimu,di wahyukan kepadaku,sesungguhnya tuhan kamu adalah tuhan yang satu, barang siapa berharap bertemu tuhanya maka berbuatlah kebaikan dan jangan ia mempersekutuka sesuatupun  dalam beribadah kepada tuhanya “. ( Al-Kahfi.110)
Berbuat baik pada orang tua,larangan taat orangtua yang suruh ma’siat,                                                                                larangan sombong terhadap orang lain.
ووصّينا الإنسان بوالديه حملته امه وهنا على وهن وفصله فى عمين ان اشكرلى ولوالديك الي المصير (لقمان.14)
Artinya : “Dan kami perintahkan manusia bernuat baik kepada kedua orang tuanyan,ibunya telah mengandungnya dalam keadan lemah dan bertambah lemah dan menyapihnya dalam usia dua tahun,bersyukurlah kepadaku dan kepada ibu bapakmu kepadakulah tempat kembali”. (Luqman.14)
وإن جهداك على ان تشرك بى ما ليس لك به علم فلا تطعهما وصاحبهما فى الدنيا معروفا, واتبع سبيل من اناب إلى, ثم إلى مرجعكم فأنبّأكم بما كنتم تعملون (لقمان.15)
Artinya : “Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan denganku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu,maka jangan kamu jangan tunduk pada mereka dan temanilah keduanya didunia dengan baik,dan ikutilah jalan orang yang kembali kepadaku,kemidian kepadakulah tempat kembalimu,maka ku beritakan apa yang telah kamu perbuat”. (Luqman.15)
ولا تصعر خدّك للنّاس ولا تمش فى الأرض مرحا,إن الله لايحب كل مختال فخور (لقمان .18)
Artinya : “Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia dan jangan kamu berjalan dimuka bumi dengan angkuh,sesungguhnya Allah tidak mensukai orang-orang yang sombong lagi berbangga diri”. (Luqman.18)
Tidak rugi orang-orang yang membaca Al-Qur’an,mendirikan shalat dan berinfaq.
ان الذين يتلون كتاب الله واقاموا الصلوة وانفقوامما رزقناهم سرّ وعلانية يرجون تجارة لن تبور (فاطر.29)
Artinya : “Sesungguhnya orang-orang yang membaca kitab Allah dan melaksanakan shalat dan menginfaqkan sebagian rizqi yan kami berikan kepada mereka dengan rahasia dan terang-terang,mereka mengharapkan perniagaan yang tidak merugi”. (Faathir.29)
ليفيهم اجورهم ويزيدهم من فضله,إنه غفور شكور (فاطر.30)
Artinya : “Agar Allah menyempurnakan kepda mereka pahala mereka dan Allah menambahi mereka dari karunianya,sesungguhnya Allah maha pengampun lagi maha mensyukuri”. (Faathir,30)
Orang-orang yang mohon pelindung selain Allah,dan mereka berkata;                                                                                        kami tidak menyembah mereka,hanya agar mereka mendekatkan kami kepada Allah.
الا لله الدين الخالص, والذين اتخذوا من دونه اولياء ما نعبدهم إلا ليقربونا الى الله زلفى, إن الله يحكم بينهم فيماهم فيه يختلفون, إن الله لايهدى من هو كاذب كفار (الزمر.03)
Artinya : “Ingatlah hanya kepunyaan Allah agama yang murni. Dan orang-orang yang mengambil pelindung selain daripadanya,mereka berkata: “kami tidak menyembah mereka melainkan hanya agar mereka dapat mendekatkan kami kepada Alla dengan sedekat-dekanya”. Sesungguhnya Allah yang memutuskan diantara mereka pada permasalahan yang mereka perselisihkan didalamnya. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang yang dusta lagi inkar/kufur” (Az-Zumar.03)
Apabila ditimpa kesempitan manusia butuh Allah dan ketika lapang ia lupa.
واذا مسّ الإنسان ضرّ دعا ربه منيبا اليه ثم اذا خوّله نعمة منه نسى ما كان يدعوا اليه من قبل وجعل لله اندادا ليضلّ عن سبيله, قل تمتع بكفرك قليلا,إنك من اصحاب النار (الزمر.08)
Artrinya : “ Dan apabila manusia ditimpa kesempitan maka ia memohon tuhanya dengan kembali kepadanya, lalu ketika tuhan member ni’matnya kepadanya lupalah dia akan kesempitan yang pernah ia memohon Allah agar Allah menghilangkanya,sebelum itu. Dan ia mengada-adakan sekutu-sekutu bagiAllah untuk menyesatkan manusia dari jalanya. Katakanlah : “bersenanglah dengan kekafiranmu sementara, sesungguhnya kamu masuk penghuni neraka”. (Az-Zumar.08)
Kebanyakan manusia menyesatkat.
وان تطع اكثر من فى الأرض يضلوك عن سبيل الله, ان يتبعون الا الظن وان هم الا يخرصون (الأنعام.116)
Artinya : “Dan jika kamu menuruti  kebanyakan manusia dimuka bumi niscaya mereka menyesatkanmu dari jalan Allah,tiada mereka kecuali mengikuti prasangka mereka dan tiada mereka kecuali manusia berdusta”. (Al-An’am)
Andai malaikat dan mayat berbicara pada manusia pembangkang,                                                                                                                 tetap saja mereka tidak beriman.
ولو اننا نزلنا اليهم الملائكة وكلمهم الموتى وحشرنا عليهم كل شيئ قبلا ما كانوا ليؤمنوا الا ان يشاء الله, ولكن اكثرهم يجهلون (الأنعام. 111)
Artinya : “Kalau sekiranya kami turunkan malaikat kepada mereka dan mayat-mayat berbicara pada mereka dan kami kumpulkan pula segala sesuatu kehadapan mereka niscaya tidak segera mereka beriman,kecuali jika Allah menghendaki,tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui”. (Al-An’am.111)
Ketakutan,lapar,miskin adalah ujian. Bahagialah yang bersabar.
ولنبلونكم بشيئ من الخوف والجوع ونقص من الأموال والأنفس والثمرات, وبشر الصابرين (البقرة.155)
الذين اذا اصابتهم مصيبة قالوا انا لله وانا اليه راجعون (156)
اولئك عليهم صلوات من ربهم ورحمة, واولئك هم المهتدون (157)
Artinya : “Dan sungguh kami akan berikan cobaan padamu sesuatu dari ketakutan,kelaparan,kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan.dan gembirakan orang-orang yang bersabar”.
“Yaitu orang-orang yang menimpa padanya musibah mereka berkata “sesungguhnya kami milik Allah dan kepadanya kami kembali”.
“Merekalah yang mendapat keberkahan sempurna dan rahmat dari tuhan mereka,dan merekalah orang-orang yang mendapatkan petunjuk”. (Al-Baqarah. 155-157)
Pendengaran,penglihatan,kulit akan menyaksikan persidangan amal,                                                                                          maka anggota tubuh yang mana yang akan mendapat balasan…??
ويوم يحشر اعداء الله الى النار فهم يوزعون (فصلت.19)
حتى اذا جاءوها شهد عليهم سمعهم وابصارهم وجلودهم بما كانوا يعملون (فصلت.20)
وقالوا لجلودهم لم شهدتم علينا,قالوا انطقنا الله الذى انطق كل شيئ وهو خلقكم اول مرة واليه ترجعون (فصلت.21)
Artinya : “Dan pada hari ketika musuh-musuh Allah di giring ke neraka lalu mereka dikumpulkan semua”.
“Sehingga apabila mereka sampai ke neraka,pendengaran,penglihatan dan kulit-kulit mereka menjadi saksi terhadap mereka tentang apa yang telah mereka perbuat”.
“Dan mereka berkata pada kulit-kulit mereka, “mengapa kamu menjadi saksi atas kami ?”, kulit mereka berkata: “Allah yang menjadikan sesuatu  pandai berkata,dan dialah yang menciptakanmu pada kali yang pertama dan kepada kalian di kembalikan”. (Fushshilat.19-21)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar